4/5/13

Rute Pendakian Gunung Merapi

Rute Pendakian Gunung Merapi - NOLKILO - Gunung Merapi terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Gunung Merapi berada di Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara) dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman di Lereng sisi selatan). Ketinggian puncak Merapi adalah 2.968 m dpl, per 2006 namun ketinggian tersebut berkurang setelah letusan terakhir. saat ini Gunung Merapi memiliki ketinggian sekitar 2.700an meter di atas permukaan laut, meskipun demikian, belum ada catatan resmi mengenai hal tersebut.

Gunung Merapi di bagian puncak tidak pernah ditumbuhi vegetasi karena aktivitas yang tinggi. Jenis tumbuhan di bagian teratas bertipe alpina khas pegunungan Jawa, seperti Rhododendron dan edeweis jawa. Agak ke bawah terdapat hutan bambu dan tetumbuhan pegunungan tropika.

Rute Pendakian Gunung Merapi adalah :
1.  Sisi utara dari Desa Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Sèlo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Tlogolele. Desa ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pendakian melalui Selo memakan waktu sekitar lima jam hingga ke puncak. Jalur ini pendek, lebih aman dan menjadi jalur tradisional bagi banyak pendaki.

2.  Sisi selatan melalui Kinehrejo/Kaliadem, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jalur ini lebih terjal, dengan sudut lereng antara 30o – 45o dan memakan waktu sekitar 6-7 jam hingga ke puncak. Bagi pemula jalur ini tidak disarankan.

3.  Sisi barat laut, dimulai dari Babadan, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jalur ini untuk sementara sangat tidak disarankan karena aktifitas vulkanik Gunung Merapi dalam dua dekade ini mengambil tempat di lereng barat.

Waktu yang baik untuk pendakian Gunung Merapi adalah bulan Juni s/d Agustus karena sudah memasuki musim kemarau dan angin tidak terlalu kencang.

No comments:

Post a Comment