6/8/13

Cara Tidur yang Berkualitas

NOLKILO - Tahukah anda kalau ternyata tidur malam mempunyai banyak manfaat? Yeah, tidur bisa menjaga tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan dapat mempertahankan berat badan.

Tetapi terkadang kita tidak bisa tidur malam dengan nyenyak karena bermacam hal.

Mengutip pernyataan Dr. Michael Brues, Ph.D., psikolog klinis dan diplomat dari American Board of Sleep Medicine, ternyata orang yang cukup tidur malam dan sering bangun pagi akan memperoleh asupan vitamin D dari sinar matahari yang bermanfaat untuk kulit dan kesehatan. Maka kita harus bisa tidur malam yang berkualitas.

Beberapa cara tidur malam yang berkualitas adalah :

Matikan semua perangkat elektronik dan gadget
Sebaiknya kita Matikan alat elektronik seperti televisi, hp, komputer /laptop, dan gadget sebelum tidur.

Catat beberapa hal yang menggangu dan menjadi beban pikiran
Buat catatan dan daftar hal yang menjadi kekhwatiran atau sedang dipikirkan yang berakibat mengganggu tidur. Hal ini penting untuk mengingatkan Anda di esok hari dan tidak terus berpikir tentang hal yang menggelisahkan.

Atur alarm tidur
Atur waktu Alarm saat Anda harus segera pergi tidur lebih awal. Kebiasaan ini akan membuat kita menjadi disiplin saat jam tidur.

Hindari pekerjaan kantor
Malam hari untuk istirahat dan bukan waktu bekerja demi menjaga kesehatan Anda. Berhenti kebiasaan membaca email soal pekerjaan karena tidur malam yang cukup bisa membuat kita lebih produktiv saat bekerja di kantor.

Olahraga di pagi hari
Usahakan untuk berolahraga di pagi hari sehingga anda bisa tidur malam lebih cepat, dan bangun pagi.

Disiplin waktu tidur
Jam tidur tetap akan membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas baik.

Segeralah tidur ketika lelah
Jangan memaksakan diri saat tubuh merasa lelah dan mengantuk karena akan membuat tubuh menjadi tidak enak dan mengurangi semangat saat beraktivitas.

No comments:

Post a Comment