4/28/13

Fenomena Caleg Artis di Pemilu 2014

NOLKILO - Ada beberapa nama Caleg Artis di Pemilu 2014. Entah apa kepentingan dan keperluannya tetapi banyak pihak yang menganggap bahwa keberadaan caleg artis hanya sebagai mesin pendulang suara pemilih dalam Pemilu 2014.

Banyak caleg artis yang minim kualitas serta kompetensi pada tugas wakil rakyat di DPR dalam bidang anggaran, legislasi dan pengawasan. Mayoritas artis direkrut mendadak saat menjelang penetapan daftar caleg tanpa melalui pembinaan kaderisasi parpol dan minim pendidikan politik, walaupun ada juga beberapa artis yang sudah bergabung dan membina diri sejak lama dalam organisasi partai politik.

"Partai pragmatis untuk mendulang suara yang besar. Artis-artis yang populer dipakai untuk menghasilkan suara yang besar dan kursi di DPR," kata Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formapi) Sebastian Salang dalam jumpa pers di kantor sekretariat Formapi di Matraman, Jakarta Timur, Minggu (28/4/2013).

Rachel Maryam, artis yang sejak 2009 menjabat anggota DPR, berpendapat bahwa partai politik (parpol) harus mampu melakukan penyaringan terhadap setiap artis yang akan diusung sebagai caleg.

"Merupakan tanggung jawab partai untuk menyeleksi artis-artis tersebut sebelum mereka diberi tiket untuk maju menjadi caleg dari partainya. Sehingga jelas perjuangannya untuk rakyat dan mampu melakukan perjuangan tersebut," kata Rachel, Sabtu 27 April malam.

Saat ini KPU Pusat sudah menerima 6.576 berkas pengajuan bacaleg dari 12 partai politik peserta Pemilu 2014. Data bacaleg bisa diakses masyarakat umum melalui laman resmi KPU. Ada beberapa nama artis baru yang akan bertarung di dunia politik dalam bursa Pemilu 2014 antara lain :

Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Partai Kebangkitan Bangsa
Angel Lelga
Lyra Virna

Ridho Rhoma
Partai Amanat Nasional (PAN)
Partai Golkar
Giselle Anastasia
Anang Hermansyah

Charles Bonar Sirait
Partai Gerindra
PDI Perjuangan
Irwansyah

Nico Siahaan
Partai NasDem
Partai Hanura
Doni Damara

Krisdayanti

Verifikasi berkas syarat pengajuan pencalonan akan dilakukan pada 23 April - 6 Mei 2013 yang hasilnya akan disampaikan pada partai politik tanggal 7 - 8 Mei. Penyusunan dan penetapan DCS dilakukan 30 Mei - 12 Juni dan pengumuman DCS dilaksanakan 13 - 17 Juni

No comments:

Post a Comment