6/1/13

Persiapan Mudik Lebaran 2013

NOLKILO - Salah satu agenda rutin tahunan yang banyak mendapat perhatian pemerintah adalah mudik lebaran. Yah, di waktu ini banyak perantau di ibukota Jakarta dan sekitarnya yang akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta.

Saat ini Persiapan Mudik Lebaran 2013 terus dikebut agar pemudik mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat perjalanan pulang ke daerah asal. Tujuan favorit pemudik adalah wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat sehingga pemerintah perlu berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah kemacetan terutama di jalur pantura.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pada arus mudik Lebaran 2013 ini jumlah pemudik mencapai lebih dari 20 juta orang. Jumlah itu naik sekitar 20 persen dari jumlah pemudik tahun lalu yang mencapai 16,64 juta orang. Jumlah penggunaan sepeda motor diperkirakan tumbuh 8%-10% menjadi 3 juta unit sepeda motor, sedangkan jumlah mobil pemudik naik 6%-8% dibandingkan dengan tahun lalu menjadi 1,76 juta mobil.

Moda transportasi mendapat perhatian serius untuk menyambut Mudik Lebaran 2013. Transportasi angkutan darat menyiapkan 21.395 bus AKAP (antarkota antarprovinsi), 13.875 bus AKDP (antarkota dalam provinsi), dan 2.350 bus pariwisata. PT. KAI akan menyiapkan 216 kereta reguler, 46 kereta lebaran, 235 lokomotif siap operasi, dan 1.594 kereta penumpang.

Tarif Kereta Api (KA) selama angkutan mudik lebaran bervariasi sesuai dengan tujuan dan tanggal keberangkatan serta tarif KA tambahan sama dengan tarif KA reguler yang searah. PT Kereta Api Indonesia (KAI) membantah bahwa tiket kereta api angkutan lebaran 2013 telah terjual habis sehingga masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir karena tiket kereta mudik Lebaran masih tersedia

Beberapa perusahaan swasta juga berencana mengadakan Mudik Lebaran Gratis 2013. Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan pulang ke daerah asalnya bisa mengikuti dengan persyaratan yang sudah ditentukan oleh panitia mudik gratis 2013. Informasi tentang hal ini biasanya akan diumumkan menjelang Bulan Puasa Ramadhan 2013. Tunggu saja tanggal mainnya ya :)

1 comment: