6/24/13

Awal Bulan Puasa 1 Ramadan 2013

NOLKILO - Berdasarkan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 04/MLM/I.0/E/2013 yang dikeluarkan pada bulan Mei lalu, tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah 1434 H maka awal bulan puasa 1 Ramadan 2013, jatuh pada tanggal 9 Juli 2013

Keputusan ini diambil merujuk putusan majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah. Mungkin saja, nanti akan terjadi perbedaan dengan jadwal yang diumumkan oleh pemerintah karena tatacara Islam mengenal dua metode penetepan tanggal awal Bulan Ramadhan , yakni dengan metode rukyat dan hilal. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal yang menjadi pedoman bagi Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Mengutip dari Wikipedia,  Hisab dan rukyat adalah :
Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriyah.

Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam. Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (maghrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kalender Hijriyah, sebuah hari diawali sejak terbenamnya matahari waktu setempat, bukan saat tengah malam. Sementara penentuan awal bulan (kalender) tergantung pada penampakan (visibilitas) bulan. Karena itu, satu bulan kalender Hijriyah dapat berumur 29 atau 30 hari.
Pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid juga menetapkan 1 Zulhijah 1434 jatuh hari Ahad, 6 Oktober 2013, sedangkan hari Arafah (9 Zulhijah 1434 H) jatuh Senin, 14 Oktober 2013 dan Idul Adha (10 Zulhijah 1434 H) jatuh hari Selasa, 15 Oktober 2013.

No comments:

Post a Comment