6/3/13

Manfaat dan Khasiat Susu Kedelai bagi Kesehatan

NOLKILO - Saat ini susu kedelai mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang enal, lezat dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Kita bisa membuat sendiri susu kedelai atau membeli ke penjual yang menawarkan dagangannya di warung atau pedagang kakilima yang mangkal dengan gerobaknya di lokasi strategis.

Jika kita membuat sendiri susu kedelai biasanya akan tercium bau langau, sehingga bagi yang tidak suka bisa memberikan campuran susu kental manis agar rasanya lebih nikmat. Beberapa manfaat dan khasiat Susu Kedelai bagi kesehatan tubuh adalah :

1. Mencegah proses penuaan dini
Susu kedelai mengandung protein tinggi dan kaya senyawa Anti Aging, vitamin E sehingga membuat tubuh menjadi segar dan terlihat awet muda.

2. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke
Kandungan Vitamin E dalam susu kedelai bisa mencegah Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Selain itu kandungan asam Folat dan Vitamin B6 bermanfaat mencegah penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam susu kedelai bisa membantu mengatur tekanan darah.

3. Menurunkan Berat Badan
Secangkir susu sapi mengandung 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya mengandung 7 gram sehingga jumlah kalori satu cangkir susu kedelai lebih sedikit dari susu sapi. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai akan menghambat proses penyerapan zat lemak dalam usus. Rutin mengkonsumsi susu kedelai akan menurunkan berat badan karena kita merasa akan kenyang

4. Mencegah kanker
Susu kedelai mengandung zat antioksidan seperti seleniu, vit E, isoflavon yang bisa menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker.

5. Mencegah migrain
Susu kedelai mengandung Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) yang bermanfaat mencegah dan meredakan efek migrain.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan

No comments:

Post a Comment