6/1/13

Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan

NOLKILO - Tips Memulai Bisnis Laundry Kiloan - Jasa mencuci baju/ pakaian menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat di kota besar dan mereka yang tidak mempunyai waktu untuk menanganinya sendiri. Pasar jasa laundry masih terbuka lebar terutama di daerah pemukiman yang banyak terdapat rumah kost karena penghuni kost biasanya sibuk dengan urusannya masing-masing dan cenderung lebih mudah menitipkan baju kotornya untuk dicucikan.

Usaha laundry (binatu) bisa menggunakan cara manual yaitu mencuci langsung dengan tangan atau memakai mesin cuci. Pasar rumah tangga juga bagus untuk dijadikan target market jasa cuci baju karena tidak semua keluarga mampu mencuci pakaian sendiri walaupun mempunyai mesin cuci, sehingga banyak orang lebih memilih jasa Laundry untuk membuat baju kembali bersih dan harum.

Jika anda ingin memanfaatkan peluang bisnis laundry kiloan silahkan baca tips bisnis laundry berikut ini:

1. Pilih lokasi untuk usaha jasa laundry kiloan di daerah yang padat penghuninya. Lebih baik lagi apabila terdapat banyak tempat kos seperti di dekat kampus atau perkantoran.

2. Rajin melakukan promosi dengan menyebar brosur ke daerah sekitar. Anda juga bisa memakai spanduk/ banner di depan tempat usaha laundry agar menarik perhatian orang yang lewat di depannya.

3. Konsumen jasa laundry biasanya menginginkan pakaian menjadi harum setelah dicuci. Maka, berikan pengharum pakaian yang sesuai dengan tetap memperhatikan biaya produksi agar anda tidak dirugikan. Selain itu kecepatan dan ketepatan waktu saat mengerjakan order juga harus diperhatikan.

4. Berikan layanan terbaik untuk konsumen. Jika memungkinkan anda juga bisa melayani antar jemput order laundry bagi konsumen yang sibuk sehingga tidak bisa mendatangi tempat usaha binatu anda.

5. Jangan ragu untuk memberikan diskon untuk konsumen. Misalnya order 5 kilo akan mendapat potongan harga 10% dari harga eceran. Cara ini akan membuat bisnis anda menjadi unik dan berbeda di mata konsumen. Selalu membuat terobosan bisnis akan membawa nilai positif bagi konsumen.

6. Bersikap jujur dan sabar dalam melayani konsumen. Kedua hal ini menjadi faktor penting untuk meraih keberhasilan dalam bisnis.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment