6/15/13

Cara Menghilangkan Bau Badan

NOLKILO, Cara Menghilangkan Bau Badan - Bau badan tentu saja tidak disukai banyak orang karena bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bau badan sering disebabkan oleh keringat berlebih sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Keringat berlebihan atau hiperhidrosis timbul karena ketidakseimbangan hormon, emosional yang tinggi, konsumsi makanan pedas, olahraga, atau stres. Bagaimana cara menghilangkan bau badan? Begini tips nya :

1. Rajin mandi dan membersihkan diri
Air berguna untuk membersihkan tubuh dan mencegah bau ketiak. Sebaiknya anda mandi minimal 2 kali sehari untuk mengurangi biang keringat berlebih dan menghilangkan bau yang tidak sedap.

2. Mengenakan pakaian yang sesuai dan tepat
Pakaian dari bahan katun akan membantu kulit bernapas sehingga bisa mengurangi timbulnya keringat berlebih. Sebaiknya Hindari bahan pakaian yang bisa membuat iritasi pada kulit dan memicu keringat berlebih saat beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari misalnya pakaian dari bahan satin.

3. Manfaatkan jeruk nipis dan lemon
Jeruk nipis bisa mengurangi keringat, mencegah bau badan, dan memutihkan ketiak. Caranya adalah dengan menggosokkan sekitar satu setengah bagian jeruk nipis yang tidak terlalu matang pada ketiak. Pada awalnya, Anda mungkin akan merasa iritasi ringan. Sebaiknya Hindari penggunaan jeruk nipis saat Anda sedang menderita ruam di bagian tersebut.

4. Memakai parfum dan pewangi
Anti-perspirant dan deodoran akan menjaga aroma tubuh agar tetap segar walaupun hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Anti-perspirant akan bekerja dengan cara menyumbat pori-pori, sehingga bisa mencegah timbulnya biang keringat pada permukaan kulit. Anda tetap harus membatasi penggunaannya karena kandungan Bahan kimia pada Anti-perspirant dan deodoran bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi dan perubahan warna kulit.

5. Diet untuk Menurunkan berat badan
Sebaiknya anda mulai mengatur pola makan sehat untuk menurunkan berat badan karena berat badan bisa memicu timbulnya biang keringat berlebih. Makan makanan yang mengandung banyak  serat dan menghindari rempah-rempah dalam menu makan bisa menyingkirkan racun dalam tubuh.

6. Menggunakan cuka sebelum tidur
Oleskan cuka pada ketiak sebelum tidur di malam hari dan biarkan kering secara alami lalu cuci ketiak sampai bersih pada pagi harinya. Mengoleskan cuka pada ketiak akan membantu mengurangi masalah biang keringat berlebih secara bertahap.

7. Konsultasi ke dokter
Jika masalah keringat dan bau badan sudah parah, sebaiknya anda konsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan tes untuk mencari sebab munculnya biang keringat berlebih dan akan dibantu untuk menemukan solusi medisnya yang paling tepat.

No comments:

Post a Comment