6/19/13

Cara Menghilang Kebiasaan Tidur Mengdengkur / Ngorok

NOLKILO - Kebiasaan ngorok / mendengkur saat tidur Sering dianggap sepele tetapi terdengar berisik dan dapat mengganggu tidur orang di sekitarnya. Banyak orang yang tidak tahan mendengar suara dengkuran sehingga tukang ngorok akan dijauhi, gangguan ini juga bisa menimbulkan pertengkaran apalagi dalam kehidupan keluarga.

Menurut ahli media, kebiasaan ngorok atau sleep disordered breathing (SDB) ini berkaitan dengan kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur seperti sleep apnea. Tukang ngorok berisiko lebih tinggi terserang penyakit diabetes, stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.


image : Ilustrasi (dok: Thinkstock), detikcom

Ngorok disebabkan penyempitan saluran napas nasofaring saat tidur, sehingga bergetar saat dilalui udara. Penyempitan dan penyumbatan saluran napas mengakibatkan berkurangnya suplai oksigen ke otak sehingga tidur malam menjadi kurang berkualitas. Biasanya si penderita akan mengeluh tetap merasa mengantuk di pagi har meskipun sudah tidur lama.

Ciri-ciri orang ngorok biasanya merasa cepat letih, mudah mengantuk di siang hari walaupun tidak pernah begadang di malam hari.

Cara Menghilang Kebiasaan Tidur Mengdengkur / Ngorok adalah :

1. Janagn Merokok
Asap rokok akan membuat iritasi pada membran mukus atau selaput lendir di saluran napas bagian atas sehingga menyebabkan pembengkakan dan peningkatan produksi lendir.

2. Hindari Minum Obat Tertentu Sebelum Tidur
Beberapa Jenis Obat penenang atau tranquilizer, pil tidur, dan antihistamin sebaiknya dihindari menjelang tidur. Jika terpaksa, minumlah 2-3 jam sebelum anda akan tidur malam.

3. Rajin berOlahraga secara Teratur

4. Hindari Posisi Tidur Telentang atau Tengkurap
Posisi tidur telentang membuat orang akan tidur mendengkur. Jika harus telentang, maka pakailah bantal. Sebaiknya biasakan tidur dalam posisi miring ke kanan atau ke kiri.

5. Santai selama 15 Menit Sebelum Tidur
Usahakan suasana Rileks sebelum tidur untuj mengurangi kebiasaan mendengkur. Cari kegiatan yang menyenangkan, latihan yoga, mendengarkan irama lagu yang lembut  atau musik klasik, dan lain-lain.

6. Jangan Makan dan Minum menjelang Tidur
Jangan makan dan minum sebelum tidur sehingga keadaan perut masih merasa kenyang.

7. Kurangi Berat Badan
Orang gemuk akan cenderung tidur mendengkur. Kurangi berat badan dengan olahraga teratur, banyak beraktivitas, dan menjaga pola makan hidup sehat.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment