6/6/13

Rendang : Menu Khas Minangkabau Sumatera Barat Indonesia

NOLKILO - Salah satu menu tradisional yang banyak penggemarnya adalah masakan Rendang. Menu lezat ini berasal dari Minangkabau Sumatera Barat Indonesia. Masyarakat Minang diwariskan secara turun-temurun sejak dahulu dan biasa dihidangkan dalam acara adat ataupun sebagai santap hidangan sehari-hari. Seni memasak ini lalu berkembang ke kawasan serantau berbudaya Melayu seperti Mandailing, Riau, Jambi, bahkan menyeberang ke Negeri Sembilan Malaysia dimana banyak tinggal menetap perantau yang berasal dari Minangkabau.

Menu rendang yang awet disimpan dalam waktu lama cocok dipakai sebagai menu perjalanan dan merantau dalam pelayaran ke Malaka pada awal abad ke-16. Masakan rendang kering dikenal awet, tahan disimpan sampai berbulan-bulan lamanya.

Rendang daging sapi selalu hadir dengan cita rasa pedas gurih karena dimasak menggunakan bermacam bumbu dan rempah. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik. Proses memasaknya terbilang lama sampai berjam-jam dan berulang-ulang dengan santan kelapa sampai kering dan berwarna hitam pekat. Ada juga menu Rendang yang dimasak singkat sehingga santannya belum mengering yang biasa disebut kalio, menu ini tampil dengan warna coklat terang keemasan.

Rendang bisa kita dapatkan di Rumah Makan Padang di seantero Nusantara, bahkan meluas ke negara tetangga hingga Eropa dan Amerika. Rendang juga menjadi makanan istimewa yang disajikan saat perayaan hari raya Idul Adha ketika banyak daging kurban yang siap dimasak dengan bumbu rendang.

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Minang dan Indonesia ketika rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama pada tahun 2011 sehingga tercatat dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

No comments:

Post a Comment