5/3/13

Wirausaha Mandiri

Wirausaha Mandiri
Nolkilo - Jangan lama-lama jadi karyawan, terutama bagi anda yang bekerja di perusahaan swasta tanpa jaminan pensiun.

Beda misalnya saat anda jadi PNS yang tetap mendapat uang rutin tanpa bekerja setelah pensiun.

Memang di swasta dikenal uang pesangon saat anda sudah tua sehingga harus di'istirahat'kan.

Apa yang akan anda lakukan dengan uang pesangon tersebut? Jika dipakai untuk konsumsi sehari-hari ya cepat atau lambat akan habis. Dipakai buat usaha? Apa yang akan anda lakukan saat (misal) umur 50th? Jujur saja, usia tua membuat jiwa dan semangat berkurang. Kondisi fisik juga menurun. Kena angin sedikit langsung meriang. Capek sedikit langsung ambruk. Mayoritas orang begitu. Maaf saya tidak mau berdebat, ini opini saya.

Buka usaha baru harus sabar. Menanam bibit, merawat, menjaga sampai berbunga dan siap dipetik buahnya. Saat usia 50th baru mulai berbisnis, apakah anda cukup sabar? Sementara kebutuhan hidup berjalan terus. Uang rutin keluarga, uang sekolah/ kuliah anak, perawatan kesehatan dll. Ini realita yang akan kita hadapi.

Ah, saya ikut asuransi pendidikan anak dan kesehatan.
Bersyukurlah kalau anda sudah melakukan itu. Tapi bagaimana yang belum?

Kembali ke atas, saya ulangi lagi:
Jangan lama-lama jadi karyawan, terutama bagi anda yang bekerja di perusahaan swasta tanpa jaminan pensiun.

Jika sekarang anda bekerja, Anda tentu bisa mengukur batas kemampuan anda. Apa karir tertinggi yang bisa anda raih? Staf, supervisor, manager atau direktur?

Jika anda yakin bisa menjadi karyawan berkarir 'hebat', silahkan lanjutkan. Jika ragu dan tidak percaya diri, sebaiknya anda berpikir peluang yang lain.

Saat usia 35-40th dan sudah bertahun-tahun bekerja pada 1 perusahaan, anda tentu sudah menjadi 'master' yang menguasai bidang pekerjaan tersebut dan mempunyai banyak relasi bisnis di usaha yang sama.

Bagi saya, daripada pindah kerjaan mending coba menjadi Wirausaha Mandiri. Coba merintis bisnis sendiri di rumah sesuai jenis keahlian anda seperti di kantor atau mencoba dunia baru sesuai bakat dan minat anda.

Bagi saya, usia 35-40th artinya anda sudah matang jiwa raga dan tenaga masih prima.

Tidak perlu langsung resign dari kantor saat anda ragu dan tidak yakin dengan hasil yang diperoleh dari bisnis sambilan di rumah. Tanam, rawat dan jaga pohon uang anda sampai siap dipanen. Saat hasilnya sudah sepadan atau anda merasa bisnis anda mempunyai prospek cerah, silahkan anda memilih. Terus bekerja pada orang lain atau serius membangun bisnis mandiri yang (sebagian atau seluruh) sahamnya anda kuasai.

Percayalah, Insya Allah, bisnis mandiri bisa menjadi jaminan hari tua. Semakin lama umur bisnis seharusnya semakin banyak relasi yang akan memberi banyak keuntungan.

Wirausaha Mandiri itu soal sikap mental. Anda yang bisa menilai kualitas anda sendiri. Seorang karyawan yang selalu haus naik gaji atau seorang pejuang pemberani yang bisa mencari uang untuk diri sendiri dan sokor-sokor bisa memberi gaji untuk orang lain. Semua terserah anda. Silahkan direnungkan.

Terimakasih sudah membaca.
END

.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments:

Post a Comment