5/25/13

Pengertian Gaji dan Take Home Pay

NOLKILO - Budaya Indonesia, sebagian besar orang tua mengajarkan agar rajin belajar sehingga mendapat nilai bagus di sekolah, lulus sekolah jika ada rejeki bisa kuliah dan setelah wisuda melamar pekerjaan untuk mendapatkan gaji. Jarang sekali ada orang tua yang mengajarkan anaknya untuk menjadi wirausaha mandiri yang bisa menggaji dirinya sendiri dan jika memungkinkan bisa memberi manfaat dengan menggaji orang lain yang ikut membantu usahanya.

Gaji atau upah adalah dambaan bagi sebagian besar rakyat Indonesia.

Menurut makna katanya, gaji merupakan bentuk penghargaan dan pembayaran dalam periode waktu tertentu dari boss/ majikan pada karyawan atau orang yang bekerja kepadanya dengan ikatan sebuah kontrak kerja.

Komponen gaji yang wajar terjadi dalam ikatan kerja meliputi : 

a. Gaji pokok (basic income)
Gaji pokok merupakan angka imbalan dasar (base salary) yang akan dibayarkan perusahaan kepada karyawan sesuai tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan kedua pihak saat membuat kontrak kerja.

b. Tunjangan tetap
Tunjangan tetap adalah jenis pembayaran dari perusahaan kepada karyawan secara teratur dan tidak ada hubungannya dengan jumlah kehadiran karyawan atau hasil pencapaian prestasi kerja tertentu. Tunjangan tetap misalnya tunjangan isteri dan/atau tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangan daerah tertentu dll

c. Tunjangan tidak tetap
Tunjangan tidak tetap merupakan suatu pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pekerja yang diberikan secara tidak tetap dan dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran upah pokok, misalnya tunjangan transport dan/atau tunjangan makan yang didasarkan pada kehadiran.

Take home pay sering berbeda dengan gaji. Take home pay adalah jumlah nilai keseluruhan gaji/ upah dan dikurangi jika ada potongan atas kewajiban karyawan. Take home pay adalah jumlah gaji pokok (basic income/basic salary + tunjangan tetap (tunjangan isteri dan/atau tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangandaerah tertentu) + tunjangan tidak tetap (tunjangan makan, transport) + bonus prestasi.

Sebuah perusahaan akan memberikan gaji berdasarkan :
- Sistem waktu
- Sistem Hasil
- Sistem borongan

Pada intinya Prinsip penentuanan gaji di perusahaan sudah memikirkan faktor Seimbang, kelayakan, angka kewajaran dan selalu diusahakan agar bisa menjadi sumber Memotivasi bagi karyawan untuk bekerja sesuai hak dan kewajibannya.

Demikian sekilas info yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat

7 comments: