5/23/13

David 'Tumblr' Karp Meraih Sukses Dari Internet

NOLKILO - David Karp, 26 tahun, adalah sosok dibalik situs mikroblogging Tumblr, forum blogging online, yang ramai dibicarakan setelah diakuisisi Yahoo! dengan harga fantastis yaitu $1,1 miliar (Rp10,7 triliun).

David Karp tidak mempunyai ijazah SMA sama seperti rapper terkenal Jay-Z sampai miliarder Richard Branson dan bisa meraih sukses dari hobi dan bisnis yang dijalaninya. Kini Karp menjadi salah satu pengusaha teknologi terkaya di dunia dengan taksiran angka US$ 275 juta, atau setara Rp 2,68 triliun.

Majalah Forbes pada Januari 2013, menuliskan kalau kehidupan David Karp sangat bersahaja.

Awal mula Karp terjun ke dunia digital pada usia 11 tahun, dengan belajar pengkodean dari buku 'HTML for Dummies' dan mencoba membangun situs bisnis lokal. Pada usia 15 tahun Karp keluar dari sekolah formal dan mengikuti pendidikan home schooling sehingga bisa belajar kewirausahaan. Karp pernah menjadi kepala produk di UrbanBaby, forum untuk kaum ibu perkotaan, yang dibeli oleh CNET pada tahun 2006. Uang hasil penjualan situs ini digunakan Karp untuk membangun Tumblr pada tahun 2007, dan sukses memikat 75.000 pengguna dalam dua minggu.

Tumblr memiliki kelebihan yaitu bisa menjadi jembatan penghubung antara penulis blog dengan jejaring sosial. Seorang blogger bisa memposting ulang tulisan, foto, quote, video, chat, audio, dan link ke jejaring sosial dan membuat sebuah photoblog.

Saat ini, Tumblr memiliki 108 juta blog dengan total 50,7 miliar postingan. Pada 2012, Tumblr membukukan pendapatan sebesar US$ 13 juta dan menargetkan untuk meraup US$ 100 juta pada 2013.

Kini Karp sudah bisa menunjukkan bahwa dirinya bisa sukses dari hobinya di dunia internet. Siapa menyusul?

No comments:

Post a Comment