5/13/13

Seni Lukis Dinding (Mural) di Jakarta

NOLKILO - Jalan-jalan eh keliling kota menggunakan sarana busway Trans Jakarta, bisa melihat apa saja di lingkungan sekitar yang dilewati trayek. Saya menemukan Seni Lukis Dinding (Mural) di Jakarta! Tepatnya di kawasan Sunter, Cempaka Mas. Lihat gambar berikut :

Seni  Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Lihat gambar, tertulis :
Selamat Datang di Jalur Wisata Pesisir Jakarta Utara.

Imagenya adalah sepasang 'Abang dan None Jakarta' yang mengenakan busana adat Betawi dengan latar belakang rumah adat bertuliskan 'Rumah Si Pitung'. FYI, Si Pitung adalah pahlawan/ tokoh lokal Betawi yang dahulu berani menentang penjajah Belanda.

Dinding itu adalah tiang menopang Jalan Toll. Di belakangnya nampak Busway gandeng yang siap membawa warga DKI Jakarta menuju tempat tujuannya.

Saya merasa bahwa keberadaan mural bisa mencairkan suasana sebagai hiasan beton yang kaku. Mural bisa menjadi hiburan bagi pengendara kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan di jalanan ibukota Jakarta asalkan dibuat dengan bentuk gambar yang menarik dan bisa menyampaikan pesan kebaikan buat penikmatnya. Mural adalah pembeda diantara himpitan iklan komersial yang penuh sesak mengisi ruang publik. Sebuah 'oasis' penyegar mata!

Bagaimana menurut anda?

1 comment: