5/25/13

Prosopagnosia: Penyakit Langka Sulit Mengenal Wajah

NOLKILO - Apa yang dimaksud dengan Prosopagnosia?

Istilah Prosopagnosia saya temukan ketika membaca berita infotainment selebritis yang menulis soal Brad Pitt, 49 tahun, sang aktor tampan Hollywood, yang mengaku sulit mengenali wajah.

"Begitu banyak orang membenci saya karena mereka mengira saya tidak menghargai mereka. Saya akan memeriksakannya," kata Brad Pitt dalam Medical Daily, Sabtu (25/5/2013).

Brad Pitt diduga terkena penyakit langka Prosopagnosia yang mengakibatkan buta wajah. Dalam bahasa Yunani 'prosopon' artinya wajah dan 'agnosia' artinya ketidaktahuan. Jadi Prosopagnosia menyebabkan si penderita mengalamai ketidaktahuan untuk membedakan wajah orang-orang di sekelilingnya. Hal ini tentu saja membuat si penderita akan mengalami ketidaknyamanan dengan sekitarnya karena membuat jengkel banyak orang,, dianggap sombong dan tidak peduli dengan orang lain.

Ken Nakayama, profesor psikologi dari Harvard, ada sekitar 100 kasus Prosopagnosia yang berhasil didokumentasikan sampai beberapa tahun yang lalu. Tapi penelitian tahun 2006 menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 50 warga AS mengidap Prosopagnosia.

Image : Kompasiana.com

"Itu besar. Ini adalah kejutan yang nyata," kata Dr Thomas Gruter dari Institute of Human Genetics di Munster, Jerman yang meneliti tentang Prosopagnosia sekaligus mengidap penyakitnya.

Gejala pengidap Prosopagnosia bervariasi. Penderita masih bisa membedakan antara mata dengan hidung, atau mengenali bahwa bagian tubuh tersebut adalah wajah. Tetapi penderita tidak bisa mengenali karakteristik yang sama ketika melihat wajah untuk kedua kalinya.

Penderita yang ekstrim malah sampai tidak bisa mengenali wajahnya sendiri di cermin.

Prosopagnosia diakibatkan kerusakan otak akut, walaupun bukti terkini juga memperlihatkan adanya kemungkinan pengaruh faktor keturunan. Bagian otak yang berhubungan dengan prosopagnosia adalah fusiform gyrus. Penelitian menemukan indikasi bahwa pengidap Prosopagnosia disebabkan oleh kecacatan dalam gen. Seseorang mengidap Prosopagnosia akan melahirkan kemungkinan 50 persen anaknya akan memiliki kondisi yang sama.

Saat ini diperkirakan ada 2,5% dari jumlah populasi dunia yang menderita Prosopagnosia. Penyakit langka ini Belum memiliki obat penyembuhannya. Beberapa Treatment untuk penderita prosopagnosia dilakukan dengan mengidentifikasi karakteristik-karakteristik seseorang lebih seksama, apakah dengan pakaian, perhiasan, rambut, suara, atau karakteristik wajah seseorang.

1 comment: