3/29/13

SYSTEM BIROKRASI KOMPLEK

NOLKILO - Beberapa tahun yang lalu, grup band ngetop Indonesia, SLANK, sudah menyindir soal BIROKRASI KOMPLEK yang ribet dan berbelit di negeri ini. Banyak meja yang harus dilewati untuk membuat sebuah ijin usaha. SUNGGUH TERLALU!!!

Baca lirik lagu BIROKRASI KOMPLEK dari SLANK ini :

Mau bikin usaha !
Harus lewat sini, lewat sana !
Meja sini, meja sana !
Sogok sini, sogok sana !
Izin sini, izin sana !

Complex Birokrasi Komplek

System memang system
Tapi jangan ngerepotin !
System cuma system
Jangan malah bikin ......... ! (balik)

YAH, BEGITU DEEHHH ... NEGARA 1001 MEJA BIROKRASI!!!

Doeloe, saya merasa biasa saja dan tidak menganggap serius isi lyric lagu tersebut. Tetapi setelah saya masuk ke dunia bisnis eh ternyata memang begitu adanya. Situasi dan kondisi yang bikin capek ada di sekitar kita. KALAU BISA DIPERSULIT, KENAPA HARUS DIPERMUDAH?

Pemerintah sudah berusaha menertibkan dengan membuat sistem yang (konon) bersih dan bertanggung jawab, tetapi jika si pengendali sistem adalah oknum yang 'bikin capek dan sakit hati' tidak diganti ya sistem hanya sekedar teori dan mimpi indah menjelang tidur. Kenyataan di lapangan banyak sekali oknum yang perlu sesajen agar mau bekerja ketika ada calon pengusaha /pebisnis yang memerlukan ijin usaha. Cara mengurus surat ijin usaha masih dibuat berbelit dan berliku yang bisa memberikan keuntungan bagi si oknum dan jaringan mafia nya. RAKYAT JADI KORBAN. Wajar berlaku semboyan, WANI PIRO?

Jika ingin sukses dan lancar ya harus berkorban memberikan 'sesuatu' pada si oknum. Pebisnis yang memerlukan ijin bukanlah 'Sang Raja' tetapi sapi perahan yang bisa menjadi ATM bagi si oknum aparat dan birokrat.

Indonesia memerlukan banyak wirausaha muda yang bersemangat dan kreatif tetapi oknum menghambat kemajuan iklim berbisnis. PEKERJAAN RUMAH (PR) BAGI PEMERINTAH JIKA BERHARAP NEGERI INI MAJU BERKEMBANG DAN 'IBU PERTIWI' TERSENYUM MANIS.

Complex Birokrasi Komplek
System memang system
Tapi jangan ngerepotin !

No comments:

Post a Comment