3/20/13

Survey Calon Presiden 2014

NOLKILO - Entahlah, saya kok merasa kurang 'sreg' dengan beberapa Survey Calon Presiden 2014 yang dikeluarkan oleh bermacam lembaga survey (apapun nama nya). Mereka (si lembaga survey) merasa bisa begini dan begitu padahal ya itu hanya perkiraan saja. Survey selalu mencantumkan margin error tetapi bagi saya hal tersebut tetap masih dipertanyakan statusnya.

STATUS SURVEY?
Iya! Rasanya ada yang aneh saja ketika tanpa angin dan kabar berita eh ada rilis hasil Survey Calon Presiden 2014 yang langsung saja masuk ke hot news beberapa media cetak, elektronik dan online.

Saya sering bertanya-tanya : Siapa yang menjadi donatur dan penyandang dana bagi Survey Calon Presiden 2014? Apakah si ini atau si itu?

Pengalaman membuktikan bahwa hasil rilis lembaga survey meleset saat diadakan PILKADA DKI 2012 yang mempertemukan pasangan Foke-Nara dan Jokowi-Ahok. Bahkan pada saat diadakan Pemilihan putaran ke-2 tidak ada lembaga survey yang berani menampilkan prediksinya setelah hasil putaran 1 tidak sesuai harapan. Dan, hasil akhir menampilkan Jokowi-Ahok yang kini memimpin DKI Jakarta sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur.

Survey Calon Presiden 2014 hanya begini dan begitu tetap terasa hambar. Tetapi, lumayanlah sebagai bahan renungan baru selain repot memikirkan harga bawang merah dan bawang putih yang melesat cepat mendahului kemampuan belanja sebagian besar rakyat negeri ini. Bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment