3/22/13

Isu Kudeta 25 Maret 2013

Isu Kudeta 25 Maret 2013 - NOLKILO - Menurut Wikipedia, Kudeta (bahasa Perancis: coup d'État pengucapan bahasa Perancis: [\ˌkü-(ˌ)dā-ˈtä\] atau disingkat coup pengucapan bahasa Perancis: [\ˈkōp\]) berarti merobohkan legitimasi atau pukulan terhadap negara.

Kudeta adalah sebuah tindakan pembalikan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara ilegal dan sering kali bersifat brutal, inkonstitusional berupa "penggambilalihan kekuasaan", "penggulingan kekuasaan" sebuah pemerintahan negara dengan menyerang (strategis, taktis, politis) legitimasi pemerintahan kemudian bermaksud untuk menerima penyerahan kekuasaan dari pemerintahan yang digulingkan. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kudeta)

Nah, saat ini isu kudeta bergulir menjelang demo besar dan aksi turun ke jalan 25 Maret 2013 yang akan dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat. Kelompok dari Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) bakal maju dalam demo tersebut.

Adnan Buyung Nasution menyatakan kalau rakyat berhak menyuarakan perubahan dan Kekhawatiran atas aksi unjuk rasa tersebut terlalu berlebihan bahkan merupakan sikap paranoid. "Belum apa-apa sudah takut, mau perubahan dibilang kudeta. Buat saya, (sikap) orang yang paranoid itu," kata Adnan Buyung Nasution, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, di Gedung Djoeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).

"Enggak pernah saya denger (kudeta), masak orang-orang seperti ini (rakyat) akan kudeta. Tentu kan, tentara dong (yang punya kemampuan kudeta),"  kata Buyung.

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli juga berpendapat, Indonesia tidak mungkin melakukan kudeta. Isu kudeta, hanya membuat rakyat resah.

Sementara itu, Menhan Purnomo Yusgiantoro usai jumpa pers usai melepas tim aerobatik Indonesia di Halim Perdanakusumah, Jaktim, Jumat (22/3/2013) mengatakan bahwa kedaulatan Indonesia harus tetap dijaga. Aksi demo boleh saja, namun jangan sampai berujung anarkis yang merugikan semua pihak.

"Tapi jangan bebas, kemudian sebebas-bebasnya. Saya peringatkan, jangan main-main dengan negara ini, jangan main-main dengan kedaulatan Indonesia," tegas Purnomo Yusgiantoro.

Isu kudeta berhembus setelah BIN menyatakan bakal ada aksi demo besar 25 Maret 2013 mendatang. Tuntutan para pendemo adalah agar presiden SBY turun dari jabatannya.

Referensi : detikcom

No comments:

Post a Comment