3/7/13

Pilkada Sumut 2013

NOLKILO - Pilkada Sumatera Utara 2013 akan dilakukan hari ini. Ada Lima pasangan cagub/cawagub yang akan bersaing untuk merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2013 - 2018.

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2013 - 2018 adalah :

1. Gus Irawan Pasaribu dan Soekirman (Gusman).
Gus (49) adalah mantan Direktur Utama Bank Sumut selama 12 tahun, sementara Soekirman (58) saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Serdang Bedagai. Pasangan nomor urut 1 ini didukung 22 partai, termasuk Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

2. Effendi Muara Sakti Simbolon dan Jumiran Abdi (Esja).
Simbolon (49) saat ini menjadi anggota DPR RI dan salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan, sementara Jumiran Abdi (63) adalah mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut dan masih menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarda Pramuka Sumut. Pasangan ini didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Damai Sejahtera (PDS) dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

3. Chairuman Harahap dan Fadly Nurzal (Charly).
Chairuman (66) adalah anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, sementara Fadly (41) merupakan Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumut dan Ketua Fraksi PPP DPRD Sumut. Pasangan ini diusung Partai Golkar, PPP, dan tiga partai lainnya.

4. Amri Tambunan dan RE Nainggolan (Amri-RE).
Amri (64) saat ini menjabat sebagai Bupati Deli Serdang, sedangkan RE Nainggolan (63) adalah mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut dan pernah menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara. Pasangan ini didukung oleh Partai Demokrat.

5. Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi (Ganteng).
Gatot (51) adalah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut dan Erry Nuradi (49) menjabat sebagai Bupati Serdang Bedagai. Pasangan ini didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan tiga partai lainnya.

Masyarakat diminta untuk menyalurkan hak suaranya sesuai hati nurani.
Siapakah Pemenang Pilkada Sumut 2013?

No comments:

Post a Comment