6/5/13

Sejarah Disneyland

NOLKILO - Sejarah Disneyland - Walter Elias Disney, lebih dikenal dengan nama Walt Disney, lahir di Chicago, Illinois tanggal 5 Desember 1901. Walt Disney adalah tokoh penting dibalik penciptaan karakter terpopuler warisan abad 20 yaitu Donal Bebek dan Mickey Mouse yang sekarang menjadi maskot dari dunia hiburan Walt Disney.

Walter Elias Disney menggandeng saudaranya Roy Oliver Disney saat mendirikan Walt Disney Company dan sukses dengan komik Disney serta film animasi yang telah diterjemahkan kedalam puluhan bahasa. Karya Walt bersaudara menyentuh masyarakat Amerika dan dunia karena perhatiannya pada dunia pendidikan anak sehingga Walt Disney mendapat anugerah penghargaan True-Life Adventure Series.

Saat Walt Disney dan Roy Disney mengajak anak – anak mereka, Diane dan Sharon, berjalan jalan melihat karnaval atau sirkus, mereka mempunyai Ide membuat Disneyland. Hal ini disebabkan mereka menginginkan adanya sebuah taman bermain yang cocok untuk semua anggota keluarga di sebuah area permanen tanpa ada pengaruh elemen negatif yang tidak disarankan untuk ditonton anak anak. Selain itu, kepopuleran animasi Disney membuat banyak orang mengirimkan surat ijin untuk mengunjungi studio Disney agar bisa bertemu dengan tokoh karakter Disney idolanya. Walt Disney merasa bahwa studio yang biasa dipakai untuk bekerja tidak bisa menawarkan banyak hiburan dan atraksi menarik kepada pengunjung yang datang.

Disney membeli 730.000 m2 kebun jeruk dan daerah penuh pohon walnut di Anaheim, California (28 mil dari Los Angeles), daerah selatan Los Angeles. Mereka lalu memulai Konstruksi pembangunan taman hiburan tanggal 18 Juli 1954 yang menelan biaya sebesar 17 juta dollar. Disneyland Resmi dibuka pada tanggal 17 Juli 1955 telah berhasil menyedot setengah miliar lebih pengunjung dan sukses menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.

Tiga pengunjung pertama Disneyland, David MacPherson, Michael Schwartner dan Christine Vess dihadiahkan tiket masuk seumur hidup untuk seluruh Disneyland di seluruh dunia.

Saat ini sudah ada beberapa taman bermain Disney di seluruh dunia. Disneyland berada di Anaheim, California; Lake Buena Vista, Florida; Paris, Perancis (Disneyland Resort Paris); dan Hong Kong yang resmi dibuka pada 12 September 2005 dengan nama Hong Kong Disneyland Resort. Sedangkan untuk Tokyo Disney Resort yang berada di Jepang dikelola oleh Oriental Land Company dengan mendapat lisensi resmi dari Disney.

1 comment: