6/26/13

Rute Mudik Jalur Selatan 2013

NOLKILO - Bagi anda yang ingin mudik ke kampung halaman dari Jakarta dan Jawa Barat menuju ke arah Jawa Tengah bisa memilih Jalur Utara atau Jalur Selatan. Biasanya Jalur Utara selalu lebih padat dan rawan titik kemacetan karena pasar tumpah di beberapa daerah sehingga Rute Mudik Jalur Selatan bisa menjadi alternatif.

Rute Mudik Jalur Selatan melewati jalan yang berkelok-kelok dan penuh tanjakan maka kondisi kendaraan/ mobil harus dicek dahulu agar selamat sampai tujuan alias tidak merepotkan karena macet di perjalanan menuju kampung tercinta. Persiapkan mudik lebaran 2013 anda sebaik mungkin agar anda dan keluarga tetap merasa nyaman dan aman selama di perjalanan.

Anda yang mudik dari Jakarta-Yogya memilih jalur ini, akan menempuh jarak sekitar 560 km, mulai dari Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Purwokerto, Gombong, Purworejo, sampai Yogyakarta.

Jika anda memilih Rute Mudik Jalur Selatan maka anda harus memperhatikan Nagreg yang menjadi Titik rawan setelah keluar Subang. Nagreg berada di antara Bandung dan Tasikmalaya. Jalan yang berkelok dan tanjakan terjal membuat nagreg rawan kecelakaan dan macet. Nagreg adalah pertemuan jalur dua arah Bandung-Tasikmalaya dengan jalur dua arah Bandung-Garut. Saat ini sudah dibangun jalur lingkar Nagreg sepanjang 600 meter sehingga kemacetan bisa teratasi.

Lokasi titik rawan selanjutnya adalah tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya. Anda akan menemukan Tikungan tajam dan menanjak dengan elevasi Kemiringan hampir 45 derajat. Sebaiknya Anda berhati-hati dan lebih waspada. Berjalan perlahan serta hindari mengambil jalur lawan karena volume kendaraan cukup padat.

Setelah melewati Tasik maka Rute Mudik Jalur Selatan menjadi relatif lancar. Anda masuk Purwokerto, Jawa Tengah dari perbatasan Karangpucung, Cilacap-Lumbir, Rawalo, Patikraja hingga Purwokerto.

Silahkan lihat Rute Mudik Jalur Selatan . Ada 3 peta mudik, anda bisa zoom langsung untuk melihat detailnya secara lebih akurat.

Memang saya belum bisa memberikan Rute Mudik Jalur Selatan 2013 terbaru sehingga baru bisa memposting Rute Mudik Jalur Selatan 2012. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan

No comments:

Post a Comment