7/20/13

Jathilan : Perpaduan Seni Tari dan Magis

Jathilan : Perpaduan Seni Tari dan Magis

NOLKILO - Kali ini saya ingin menulis soal seni pertunjukan Jathilan atau Jaran Kepang yang cukup populer dan sering dipentaskan di beberapa daerah di Pulau Jawa. Pertunjukan Jathilan sering menimbulkan sensasi tersendiri ketika pemain sampai pada posisi 'trance' atau kesurupan /kerasukan makhluk halus sehingga bertindak di luar normal seperti makan beling (pecahan kaca), makan bulir padi dan tahan (kebal) dicambuk tanpa mengenal rasa sakit.

Kesenian Jathilan menggunakan properti kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu. Konon seni ini tumbuh dan berkembang sebagai bentuk apresiasi dan dukungan rakyat pada perjuangan pasukan berkuda Pangeran Diponegoro saat melawan pasukan Belanda. Versi lain menyebutkan jathilan adalah ilustrasi cerita Raden Patah yang dibantu oleh Sunan Kalijaga dalam melawan Belanda. Semua versi tersebut menuju sebuah kesimpulan yang sama yaitu perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.

Pagelaran kesenian Jathilan dimulai dengan gerakan tari yang pelan lalu perlahan-lahan iramanya menjadi dinamis mengikuti suara gamelan pengiring. Seiring waktu mulai ada unsur magis saar penari kerasukan roh halus sehingga hampir tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan.

Beberapa orang sesepuh berperan sebagai pawang roh yang akan “mengendalikan” roh-roh halus yang merasuki para penari. Tugas pawang adalah mengawasi jalannya pertunjukan, menyadarkan atau mengeluarkan roh halus yang merasuki penari.

Atraksi magis dalam kesenian ini dipercaya merupakan merefleksikan kekuatan supranatural pada berkembang di lingkungan kerajaan Jawa sejak jaman dahulu untuk melawan pasukan Belanda.

Dalam pertunjukan jathilan/kuda lumping juga disediakan beberapa jenis sesaji antara lain pisang raja satu tangkep, jajanan pasar yang berupa makanan-makanan tradisional, tumpeng robyong yaitu tumpeng robyong yang dihias dengan kubis, dawet, beraneka macam kembang, dupa Cina dan menyan, ingkung klubuk (ayam hidup) yang digunakan sebagai sarana pemanggilan makhluk halus dan lain-lain.

Mari kita nikmati video Youtube berikut :


JATHILAN • popular trance ritual from Java - a film by Vincent Moon

4 comments:

  1. ritual magis membuat kesenian ini mempunyai daya tarik yang luarbiasa :-)

    ReplyDelete
  2. teman-teman
    saya ganti domain
    jangan lupa kunjungi ya http://chairaninasution.blogspot.com/
    thanks :)

    ReplyDelete
  3. Kalau di tempat saya namanya ebeg. Jaman saya suka nonton ebeg, antara penasaran dan takut ikut kesurupan. Salam kenal.

    ReplyDelete