7/9/13

Marhaban ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan
Mohon maaf lahir batin atas segala salah dan khilaf

Jika anda menginginkan Jadwal Imsyakiah Ramadhan 1434H seluruh Indonesia, silahkan lihat link berikut ini :
http://www.rukyatulhilal.org/imsakiyah/index.php?id=121 - contoh area Jakarta Barat

Dikutip dari Wikipedia - http://id.wikipedia.org/wiki/Saum
Saum (Bahasa Arab: صوم, transliterasi: Sauwm) secara bahasa artinya menahan atau mencegah. Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

SURAT   AL BAQARAH
2:183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 1 Ramadan 1434 H sebagai awal pelaksanaan Puasa Ramadhan jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Hal ini berbeda dengan Muhammadiyah yang jauh hari sudah menetapkan awal Ramadan pada tanggal 9 Juli 2013, atau Selasa besok.

"Dengan demikian, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahiim, kami tetapkan 1 Ramadan 1434 H adalah bertepatan dengan hari Rabu 10 Juli 2013," ujar Menteri Agama Suryadarma Ali dalam jumpa pers usai sidang isbat di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Senin (8/7/2013).

Pemerintah tetap menghormati perbedaan penentuan awal Ramadan 2013.

Kepolisian Daerah Metro Jaya mengajak seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas) untuk tetap menjaga situasi keamanan yang kondusif selama bulan puasa Ramadhan sampai datangnya hari raya Lebaran 2013.

No comments:

Post a Comment