7/6/13

Cara Menjaga Gigi Putih Bersih

NOLKILO - Gigi yang putih bersih tentu menjadi dambaan setiap orang karena si pemilih akan semakin percaya diri dalam pergaulan. Senyum dari gigi putih bersih dan sehat akan menarik perhatian lawan bicara. Tetapi, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk seperti malas menggosok gigi, merokok dan pengaruh makanan/ minuman yang bisa membuat gigi menjadi kuning.

Perubahan warna Gigi menjadi kuning disebabkan timbunan plak yang merupakan endapan lapisan kotor yang bersifat permanen pada gigi. Faktor usia akan membuat enamel gigi menjadi terkikis dan mudah menyerap warna makanan/ minuman seperti teh dan kopi yang membuat noda gigi. Beberapa tips sederhana menjaga gigi tetap putih bersih adalah :

1. Usahakan untuk menggosok gigi dengan menggunakan minyak mustard dan garam
Gosoklah gigi anda secara perlahan dan merata dengan campuran minyak mustard dan garam minimal sekali sebulan. Cara sederhana ini bisa membersihkan akumulasi plak yang berasal dari warna makanan/ minuman yang anda konsumsi.

2. Minum menggunakan sedotan
Minuman  teh dan kopi akan meninggalkan warna yang menjadi noda gigi. Selain itu pengaruh Minuman soda membuat enamel gigi mudah terkikis. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah minum menggunakan sedotan untuk mengurangi kontak dengan gigi sehingga akan mencegah gigi berubah warna menjadi kuning.

3. Konsumsi buah dan sayuran
Beberapa jenis buah dan sayuran apel, pir, selada dan lainnya bisa memutihkan sekaligus membersihkan gigi. Makanan yang mengandung serat akan membersihkan gigi secara efektif.

4. Gosok gigi menggunakan baking soda
Baking soda yang biasa terdapat di dapur bisa memutihkan secara langsung.

5. Stop kebiasaan merokok
Merokok bisa membuat gigi menjadi kuning sehingga sebaiknya anda menghentikan kebiasaan merokok.

6. Berkumur setelah makan
Rajin berkumur setelah makan akan menyapu akumulasi makanan dan warna makanan dari mulut Anda.

Semoga bermanfaat

Baca : Rute Mudik Jalur Selatan

No comments:

Post a Comment