7/11/13

Wisata Kuliner Jalur Pantura

NOLKILO - Jika anda dari Jabodetabek dan melewati jalur pantai utara Jawa maka catat daftar Wisata Kuliner Jalur Pantura yang bisa anda nikmati sembari beristirahat setelah lelah mengemudikan kendaraan (mobil) pribadi.

Indramayu
1. Warung Makan Mang Kombet
Lokasi di Depan Stadion Darma Ayu, Karanganyar, Indramayu, No HP 081912924634
Warung sederhana dengan harga menu masakan yang murah meriah ini menawarkan kuliner khas pedesan entog. Menu ini mirip rica-rica yang dibuat dari daging entog atau bebek gemuk berleher pendek dengan cita rasa pedas. Jika anda tidak biasa makan makanan pedas, sebaiknya jangan mengkonsumsi dalam porsi besar agar tidak mengganggu pencernaan anda selama di perjalanan.

2. Rumah Makan Kuning Ayu
Lokasi di Jl. Letjen Suprapto 314, dekat Tugu Buah Mangga, No Telp 0234 271814
RM Kuning Ayu menawarkan sajian Menu khas spesial yaitu pepes telur ikan dan pepes rajungan.

Kota Cirebon

Empal Gentong
1. Warung Makan Mang Kojek
Lokasi di Desa Trusmi (desa sentra pengrajin batik) sebelum memasuki Kota Cirebon
Menu makanan khas yang disajikan adalah empal gentong, yaitu masakan mirip soto daging sapi. Sebaiknya anda mencoba empal gentong spesial dengkil (lutut sapi) Dijamin 'mak nyos' membuat selera makan bertambah.

2. Warung Empal Gentong Ibu Hj. Darma
Lokasi di Jl. Slamet Riyadi, Krucuk, sebelah BTN, No Telp 0231 245069

3. Rumah Makan Amarta
Lokasi di Jl. Raya Plered, dekat Jembatan Gesik, No HP 0852 24803040
Disini disajikan menu unik yaitu empal gentong asam dengan citarasa segar menggoda selera lidah bergoyang.

Nasi Jamblang.
Menu kuliner khas Cirebon ini adalah Nasi yang dibungkus daun jati, dengan bermacam lauk khas Cirebon seperti  balakuthak (cumi-cumi) yang bisa dinikmati bersama sambal jamblang yang khas.

Warung Makan yang menyediakan Nasi Jamblang diantaranya adalah Warung Mang Dul. Lokasi di Jl. Dr. Cipto 4, Seberang Matahari Grage Mall Cirebon, No Telp 0231 206564

Jika anda akan mudik Lebaran 2013 dan melewati Jalur Pantura, mungkin menu di atas bisa menjadi referensi untuk beristirahat tentu saja setelah tiba waktu berbuka puasa Ramadhan bagi anda yang beragama Islam.

No comments:

Post a Comment