7/2/13

GPS Tracker : sistem pelacak posisi kendaraan, armada, aset barang maupun personal secara realtime

NOLKILO - Saat ini, kebutuhan teknologi sistem navigasi via satelit yang biasa disebut Global Positioning System (GPS) menjadi semakin besar. GPS bisa memberikan informasi posisi, arah kecepatan dan waktu secara real time.

GPS Tracker adalah sistem teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi kendaraan, armada, aset barang maupun personal secara realtime. GPS Tracking akan memberikan informasi titik kordinat berupa data yang dikirimkan lewat jaringan GPRS/GSM untuk selanjutnya diterjemahkan  dalam bentuk peta digital seperti Google Maps, Microsoft Maps atau lain-lain.

Teknologi GPS digunakan dalam militer, bidang teknik, pertanian,  navigasi, dan dunia konstruksi dengan menggunakan satelit komunikasi berlisensi. Seiring perkembangan dan tuntutan kebutuhan konsumen maka teknologi GPS digunakan menjadi alat pelacak real-time dengan harga dan biaya ekonomis melalui sinyal GSM/GPRS via infrastruktur provider telekomunikasi ke dalam jaringan komputer server atau web. Sinyal GSM/GPRS membuat GPS Tracker bisa berinteraksi untuk menerima perintah lewat SMS atau aplikasi komputer.

Beberapa Manfaat GPS Tracking System adalah :

1.  Untuk Memantau keberadaan personil dan armada kendaraan sehingga pekerjaan / jadwal lebih terkontrol.
2.  Untuk lebih meningkatkan Kualitas pengiriman bahan baku demi kepuasan pelanggan.
3.  Efisiensi dalam Jumlah pemakaian bahan bakar sehingga bisa berhemat dalam rit pengiriman.
4.  Untuk mendapatkan informasi langsung (real-time) apabila terjadi penyalahgunaan atau pencurian terhadap aset atau kendaraan.
5.  Untuk Memudahkan jalur koordinasi dan komunikasi antara pusat dengan armada / awak lapangan.
6.  Untuk Memudahkan analisa dan evaluasi operasional dengan otomatisasi laporan.
7.  Untuk Memantau dan melacak aset, personil atau anggota keluarga seperti anak dan lansia (Personal/Portable Tracker).

Baca : Sistem Pemosisi Global via Wikipedia

Fungsi utama GPS Tracking adalah untuk melacak keberadaan kendaraan anda dan apabila terjadi masalah, musibah, pembajakan pada kendaraan, dengan mudah alat ini dapat mengirim pesan singkat melalui SMS ataupun signal Emergency ke ponsel anda/pusat pemantauan dengan cara menekan tombol Emergency. Apabila terjadi kasus / kejadian dimana kendaraan anda dicuri atau ada tindakan kriminal maka posisi kendaraan bisa terlacak/ diketahui sehingga kantor pusat pemantau dapat langsung mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh.

2 comments:

  1. Ini penting untuk yg usaha semacam ekspedisi ya Mas

    ReplyDelete
  2. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'GPS dan GPRS', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1786/1/Artikel_92207017.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete