7/14/13

Cara Kirim Motor Lewat Kereta Api

NOLKILO - Saat Mudik Lebaran 2013 biasanya banyak kendaraan roda dua (sepeda motor) yang akan menyesaki jalanan di jalur pantai utara maupun jalur selatan Pulau Jawa. Pemudik yang merantau ke Jabodetabek dan sekitarnya akan pulang ke kampung halaman di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan membawa motornya langsung. Hal ini sudah sering terjadi dan sebenarnya terlalu berbahaya jika si pengendara lelah, mengantuk dan kurang sigap menguasai kendaraannya sehingga rawan kecelakaan.

Banyak alasan dari pemudik kenapa mereka terpaksa memilih mudik jalur darat mengendarai motornya. Selain alasan ekonomis karena biasanya ada kenaikan Tarif Angkutan Umum selama waktu mudik Lebaran juga alasan kemudahan akses mobilitas selama di kampung halaman.

13732850181436836917
Foto: Amad Sudarsih / Kompasiana.com

Sebenarnya pemudik bisa memilih ikut event Mudik Bareng Gratis Lebaran 2013 yang diadakan banyak pihak mulai pemerintah daerah Jawa Tengah, instansi maupun perusahaan swasta yang ingin membantu pemudik sampai ke kota asalnya. Motor si pemudik bisa dipaketkan lewat jasa paket titipan kilat maupun paket Kereta Api (PT KAI).

Jika anda ingin mengirimkan Sepeda Motor lewat Kereta Api, begini Cara Kirim Sepeda Motor Lewat Kereta Api

1.      Kunjungi kantor Jasa Paket Kurir khusus Kereta Api yang banyak terdapat di sekitar stasiun KA.
2.      Siapkan dokumen dan surat kendaraan yaitu STNK asli sebagai bukti kepemilikan sepeda motor yang akan dikirim.
3.      Mengisi Formulir di Jasa Paket Kurir secara lengkap dan benar yang meliputi nomor polisi, nomor mesin dan lain-lain.
4.      Melakukan Cek Fisik kondisi kendaraan
Lakukan Pendataan dan pengecekan sepeda motor yang akan anda kirimkan sebelum dilakukan packing. Hal ini sangat penting agar anda tidak dirugikan jika terjadi kerusakan body fisik kendaraan.
5.      Proses packing motor

Biaya Kirim Sepeda Motor Lewat Kereta Api untuk wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar Rp 300 ribuan sedangkan untuk wilayah Jawa Timur dikenakan biaya minimal Rp 400 ribu. Catatan : Harga bisa berubah sesuai situasi dan kondisi

Ingat, keselamatan anda harus diutamakan.

19 comments:

  1. bisa kirim motor dari malang ke stasiun tasik yg bisa sampai sama sama dan langsung bisa di bawa gak?soalnya tujuan saya ke garut dan motor mau d pakai touring gan

    ReplyDelete
  2. bisa gak kalo kirim motor dari malang ke bandung tapi motor bisa langsung dibawa saat nyampe motor mau d pake touring soalnya.tolong d info ya

    ReplyDelete
  3. ya bisa lah norak!!! gmn sih lu katro!!!

    ReplyDelete
  4. Astaga. . Knp emosi

    ReplyDelete
  5. Kunci motor nya kita bawa apa dikasih jg?

    ReplyDelete
  6. nya di bawa koplok

    ReplyDelete