5/26/13

Report as Spam (RAS) di Twitter

NOLKILO - Twitter memberikan fasilitas 'REPORT AS SPAM' bagi anda yang ingin melaporkan kegiatan akun Twitter yang melanggar aturang atau mengganggu TL anda dengan kicauan yang tidak jelas ujung pangkalnya. Ketika ada 1 akun yang dianggap menyinggung masalah tertentu dan dilakukan aksi report as spam di twitter secara bersamaan maka bisa saja akun tersebut kena suspend.

Akun yang menyinggung SARA, atau menghina kaum/ golongan tertentu bisa dilaporkan dalam report as spam. Sebuah akun dengan jumlah influencer /follower banyak di jagad twitter bisa menjadi roda penggerak untuk melaporkan akun twitter lawannya sampai si target kena suspend , akun dibekukan sehingga libur ngetwit sementara waktu.

Sebaiknya anda jangan sembarangan menggunakan fasilitas 'REPORT AS SPAM' dari twitter ini.
Menurut Wikipedia Indonesia, spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Jika mengikuti arti diatas, kriteria spam adalah 'mengirimkan informasi bertubi-tubi' tanpa dikehendaki si penerima. Penerapan dalam jagad twitter misalnya  mention berulang kali tanpa dikehendaki. Kalau orang yang asik ngomong sendiri di timeline-nya, menuliskan pendapatnya yang kadang bertentangan dengan pemikiran kita, sekalipun hal sensitif seperti SARA, sebetulnya itu tidak masuk dalam kategori spam. Cuek saja! Biarkan dia berkicau di TL nya. Kalau anda tidak suka kan bisa unfollow atau block akun twitter tidak perlu memakai fasilitas 'REPORT AS SPAM'.

Beberapa hal yang dianggap spam di twitter adalah :
- Memposting link yang dianggap berbahaya seperti link ke situs penipuan atau bervirus
- Memfollow secara massal / agresif (memfollow atau unfollow) dalam waktu singkat
- Menyalahgunakan fungsi @reply atau @mention untuk mengirim tweet yang tidak diinginkan User lain.
- Membuat multi akun (manual atau otomatis)
- Menyepam dengan menggunakan trending topik untuk menarik perhatian
- Memposting tweet yang sama berulang kali
- Memposting link yang tidak terkait dengan tweet

Demikian sekilas info 'REPORT AS SPAM' di dunia Twitland. Semoga bermanfaat

3 comments: