5/31/13

Cara Hemat Renovasi Rumah

NOLKILO - Cara Hemat Renovasi Rumah - Mungkin anda merasa kurang puas dengan kondisi rumah hunian saat ini yang sudah tua dan kurang memberikan ruang untuk kegiatan sehari-hari sehingga perlu renovasi rumah. Jika 'iya' , Sebaiknya anda perlu membuat manajemen proses renovasi rumah agar hemat biaya tanpa banyak membuang biaya, tenaga dan pikiran sehingga memudahkan pekerjaan renovasi rumah.

Beberapa Cara Hemat Renovasi Rumah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

Membuat skala prioritas
Anda harus menghitung dengan cermat dan menyesuaikan ketersediaan dana/ anggaran renovasi dengan kepentingan yang paling mendesak dibutuhkan. Contoh, saat musim hujan didahulukan perbaikan atap rumah dibandingkan penambahan ruang kamar.

Memanfaatkan ulang material dan struktur bangunan asli
Anda bisa memanfaatkan kembali material bahan bangunan yang masih bisa dipakai dan bagus kondisinya, seperti pintu dan jendela, penutup atap atau genteng, peralatan sanitasi, dan sebagainya untuk menghemat biaya renovasi rumah. Selain itu, hitung dengan teliti jika ingin pembongkaran dinding untuk menambah ruang baru agar struktur dan dinding bangunan yang lama bisa dimanfaatkan kembali.

Membuat konsep design sebelum melakukan renovasi rumah
Anda harus menentukan terlebih dahulu bagian rumah yang akan diperbaiki, bagaimana konsep desainnya, pemanfaatan kembali material bagunan lama atau tidak dll. Konsep desain sangat berguna agar hasil renovasi sesuai dengan yang keinginan dan harapan kita. Selain itu akan membantu tukang bisa bekerja lebih cepat sehingga menghemat biaya.

Melakukan Survey Harga material bahan bangunan
Anda sebaiknya melakukan Survei harga material  bahan bangunan yang diperlukan dalam renovasi rumah. Jangan malu untuk berkeliling ke beberapa toko karena mungkin saja anda akan menemukan harga yang berbeda atau mendapatkan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment