8/21/13

Kecelakaan Lalulintas

NOLKILO - Takdir hidup dan mati adalah rahasia Allah SWT, siapapun tidak bisa menolak ketika saatnya telah datang. Kecelakaan Lalulintas menjadi salah satu faktor yang banyak memakan korban jiwa dan luka karena sering terjadi di negeri ini. Kita terbiasa membaca berita di media cetak dan online bahkan media elektronik menanyangkannya berulang-ulang.

Kecelakaan Lalulintas baik yang menimpa kendaraan umum atau mobil pribadi memang membuat kita merasa bersedih dan acapkali bertanya, 'Kenapa hal itu sering terjadi? Mengapa ada saudara kita yang terpaksa harus berpisah dengan orang-orang tercinta secara mendadak?'

Dalam setiap kasus kejadian, faktor rem blong menjadi kambing hitam penyebab terjadinya peristiwa tragis tersebut. Kondisi kendaraan yang tidak layak jalan tetapi tetap dipaksakan untuk menempuh perjalanan baik jarak jauh maupun pendek harus menjadi catatan penting agar tidak selalu terulang. Selain itu masih ada faktor kelalaian sopir / pengendara yang mungkin disebabkan faktor kelelahan dan mengantuk. Sopir menjadi tersangka yang harus menanggung kewajiban hukum setiap terjadi kejadian.

Saat sebuah kendaraan angkutan umum terlibat Kecelakaan Lalulintas maka selalu sopir yang wajib bertanggung jawab. Pemilik mobil biasanya aman dan tidak terkena hukum walaupun mungkin faktor kendaraan yang rusak seperti rem blong dan kondisi tidak layak jalan adalah penyebabnya. Harga BBM yang naik menyebabkan harga sparepart menjadi mahal sehingga untuk pemilik bisnis yang pelit dan hanya mementingkan keuntungan pribadi sering merasa sayang untuk melakukan perawatan rutin dan mengganti onderdil mobil yang rusak. Inilah yang menyebabkan terjadinya faktor resiko di jalan raya, sopir hanya menerima efek lanjutan dari prilaku pebisnis yang egois mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan keamanan pengendara maupun penumpang mobilnya.

Kasihan pak sopir!

Postingan ini terinspirasi kicauan di jejaring sosial twitter. Bahkan disana ada yang menuliskan kalau faktor pungli di jalan raya dan kongkalikong dengan oknum aparat adalah faktor penyebab kecelakaan yang jarang terekspos. Pungutan liar menyebabkan pebisnis harus cermat menghitung biaya operasional sehingga mengurangi kualitas pelayanan. Oknum aparat yang meloloskan ijin uji kir kendaraan bermotor juga harus dihilangkan. Semua kendaraan umum dan mobil pribadi harus taat aturan keselamatan sebelum dipakai untuk beraktifitas di jalan raya.

Bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment