7/2/13

Agnostik dan Atheis

NOLKILO - Saat melihat TwitLand, baru tahu ternyata ada istilah Agnostik yang artinya  Ber-Tuhan tanpa agama. Langsung saja saya cari informasi tambahan di Google dan berikut rangkumannya.

Istilah agnostik pertama kali dipopulerkan oleh T. H. Huxley pada sebuah pesta di London untuk mendanai kegiatan operasional Metaphysical Society yang merupakan organisasi dengan anggota pemikir dan pemimpin pendapat. Agnostik berbeda dan lebih kontekstual dari atheis yang tidak percaya pada Tuhan, klenik, dan hal bersifat supranatural.

Agnostik berasal dari akar kata bahasa Yunani "a" yang berarti tanpa dan "gnostikos" yang berarti pengetahuan. Maka Agnostik artinya "Tidak memiliki pengetahuan". Jadi konsep agnostik mengatakan manusia sebenarnya tidak memiliki pengetahuan mengenai kebenaran agama, metafisika dan ajaran Tuhan. Maka Agnostik berpendapat bahwa manusia itu bisa mempunyai pengetahuan mengenai ada/tidaknya Tuhan.

Agnostik dan Atheis sama, tidak percaya Tuhan tetapi dengan konsep yg berbeda. Seorang Agnostik tidak beragama tetapi menganut kepercayaan tertentu diluar agama. Agnostisme adalah salah satu jalan yang –katakanlah– tanpa acuan baku sebagaimana jalan lain sesuai ajaran agama.

Penganut agnoticisme adalah kaum yang terjebak akan keraguan dan ketidak tahuan mereka akan keberadaan Tuhan. Keberadaan kaum agnostik cukup langka jika dibandingkan dengan penganut atheisme.

No comments:

Post a Comment